Senin, 08 Desember 2014

Wijen Keju Krispi



Assalamu'alaikum..
Hmmm....
Kerjaan buat otak jadi penat sekali. 3 minggu ini kerjaan serasa ga pernah selesai (Resiko jadi buruh yaaa,, jadi menghayal kapan bisa punya toko roti sendiri biar jadi bos diri sendiri).

Kali ini mau posting cookies yang lagi happening, katanya sih oleh - oleh khas Surabaya. Sempat nyicipin waktu bos bawa oleh2 crispy ini. takjub aja ngeliat penapakan yang suppeeeerrr Tipiiizzz.
kagum akan ketipisannya, nyoba searching resepnya dan dapeeet. Dan selama ini pula tu resep cuma nangkring di lemari kumpulan resep Mama. belum ada waktu gitu buat eksekusi. & lagi setiap ada sisa putel, Mama keburu minta buat campuran adonan kulit Pisgor nya:)

Kali ini aku buat versi ekonomis dari Almond Crispy Chips, kenapa versi ekonomis karna Almond yang notabene susah banget dapetinnya di daerah plosok seperti tempat saya ini. saya ganti jadi wijen sangrai. Hehehehe,, ga masalah lah ya almondnya di ganti jadi wijen yang penting di coba dulu laaah tu resep, dari pada ntr keburu jamuran resepnya. 
Hihihihihi....

Resepnya saya pake milik Mba Patricia F. yang saya ambil dari Group NCC di Facebook. Sayang saya ga bisa nge link Blog ini ke Beliau sebagai rasa terima kasih atas resepnya yang menginspirasi. Berikut Resep Almond Crispy Cheese milik Patricia F dan ada sedikit modifikasi dari saya.


Bahan :
2 Putel, kocok sebentar
30 gr butter, lelehkan (saya menggunakan Blue**nd)
60 gr gula halus, ayak (saya kurangi menjadi 50gr)
50 gr tepung terigu
1/4 sdt vanili bubuk
20 gram keju parut

Almond slice secukupnya untuk taburan
(Almond saya ganti dengan Wijen yang telah disangrai)

Cara Membuat:
Campurkan tepung, gula halus dan vanili. 
Masukkan Butter (saya menggunakan mentega) dan putel aduk rata.
Masukkan 5 gr keju parut kedalam adonan, aduk rata (Sisa keju untuk taburan)
Oles loyang dengan mentega tipis-tipis. lebih bagus menggunakan silpat
Ambil sedikit adonan dalam sendok, buat bulatan tipis dengan mengguanakan punggung sendok.
Lakukan sampai adonan habis


 Alhamdulillah hasilnya tidak mengecewakan, walaupun kue baru berhasil dengan mulus setelah loyang ke 5. pada loyang pertama saya menggunakan kertas minyak yang dioles dengan mentega dan sedikit taburan tepung. ternyata setelah cookis matang, jadinya lengket pada kertas minyak sama sekali tidak bisa dipisahkan.

Setelah percobaan ke 5 saya ganti dengan kertas roti, sumringah deh saya. cookis bisa dipisahkan dari kertas sendiri. walaupun tanpa diolesi mentega. untuk mendaatkan ukurannya agar sama besar, saya potong cup puding bagian atasnya, sehingga lobang dari atas cup puding tersebut menjadi acuan saya untuk membuat ukurannya agar sama besar.

Ke 2 kali saya buat, saya mencoba mengganti mentega dengan Minyak sayur, dengan ukuran saya kurangi menjadi 25gr. Untuk tekstur hampir sama hanya saja bila menggunakan mentega terasa lebih renyah. yang menggunakan minyak lebih berasa cookisnya dan bunyinya jadi pletok -pletok saat dimakan:)

Kunci membuat cookies ini adalah KESABARAN!!! buat kalian yang ingin mencoba harus benar2 sabar dalam proses pembuatannya..
Happy Time in U'r Kitchen All:*


1 komentar:

  1. TI - Titanium Phone Case - Titanium Games Ltd
    TI - Titanium Games Ltd. develops garmin fenix 6x pro solar titanium and manufactures custom and stylish electronics products for titanium guitar chords PC, Mac, Linux, titanium nose stud iOS and titanium i phone case BlackBerry smartphones. trekz titanium pairing

    BalasHapus